ummihirzi@gmail.com

ummihirzi@gmail.com
Isi blog ini adalah makalah yang pernah saya buat dan presentasikan di IKA FK Unand, juga artikel kesehatan yang sudah dimuat di kolom Opini Media Lokal/Regional.

Mengenai Saya

Foto saya
Lahir di Bireuen, Aceh, tanggal 05 September 1977. Alumni FK Universitas Syiah Kuala Aceh. Dan telah memperoleh gelar Spesialis Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Aktif sebagai pengurus IDAI Aceh, IDI Aceh Besar, Anggota Komunitas Rhesus Negatif Aceh dan sebagai Konselor Menyusui juga Ketua Aceh Peduli ASI (APA)...

Rabu, 21 Agustus 2013

Rekomendasi IDAI tentang Tes Kulit pada Pemberian Injeksi Antibiotik

REKOMENDASI No.: 005/Rek/PP IDAI/VI/2013 tentang  Tes Kulit  pada Pemberian Injeksi Antibiotik
 1. Tes kulit hanya direkomendasikan untuk antibiotik golongan penisilin, harus menggunakan penisilin dan metabolitnya yang telah terbukti menimbulkan reaksi alergi.
2.  Tes kulit terhadap penisilin dengan metabolit determinan mayor dan minor merupakan tes yang paling dipercaya untuk evaluasi IgE-mediated alergi penisilin. Nilai ramal negatif tes kulit terhadap penisilin adalah mendekati 100%, dan nilai ramal prositif adalah antara 40%-100%.
3.  Tes kulit memberikan bukti sensitisasi terhadap obat tertentu tetapi harus selalu dinterpretasikan sesuai konteks klinis dan tidak digunakan untuk skrining alergi obat.
4.  Berhubung saat ini di Indonesia belum tersedia sediaan metabolit penisilin, maka tes kulit untuk antibiotik tidak direkomendasikan. Jika diperlukan antibiotik secara  parenteral, maka diperlukan perangkat penanganan reaksi anafilaksis.
Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia
 Disusun oleh: UKK Alergi-Imunologi IDAI

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tertarik dengan kegiatan dan layanan informasi yang kami berikan?
Anda dapat memperoleh informasi terbaru melalui email.