ummihirzi@gmail.com

ummihirzi@gmail.com
Isi blog ini adalah makalah yang pernah saya buat dan presentasikan di IKA FK Unand, juga artikel kesehatan yang sudah dimuat di kolom Opini Media Lokal/Regional.

Mengenai Saya

Foto saya
Lahir di Bireuen, Aceh, tanggal 05 September 1977. Alumni FK Universitas Syiah Kuala Aceh. Dan telah memperoleh gelar Spesialis Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Aktif sebagai pengurus IDAI Aceh, IDI Aceh Besar, Anggota Komunitas Rhesus Negatif Aceh dan sebagai Konselor Menyusui juga Ketua Aceh Peduli ASI (APA)...

Minggu, 04 November 2018

Mengapa Imunisasi Penting?

Imunisasi adalah suatu upaya untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit, sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Di Indonesia, program imunisasi nasional sudah dijalankan oleh Kementerian Kesehatan sejak tahun 1977. Namun sebenarnya imunisasi di Indonesia sudah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda. Setelah Indonesia merdeka, program imunisasi dilaksanakan sejak tahun 1956 melalui pemberian imunisasi cacar (variola) dan BCG.
Pemberian Imunisasi sudah terbukti puluhan tahun menghilangkan atau mengurangi kejadian berbagai penyakit infeksi. Penyakit infeksi merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman berupa bakteri, virus, jamur, parasit yang berasal dari luar tubuh. Sistem imun kita akan mengenal kuman yang masuk sebagai musuh yang harus dihancurkan dan imunitas terhadap kuman tersebut ditandai dengan terbentuknya zat anti bodi terhadap kuman tersebut dan bersifat spesifik terhadap kuman tersebut. Jadi prinsip pemberian imunisasi itu adalah memberikan antigen lewat vaksin ke dalam tubuh sehingga tubuh meresponnya dengan membentuk antibodi. Di tahun 1972, Indonesia dinyatakan bebas penyakit cacar (variola), dan sejak tahun 1985 terjadi penurunan insiden penyakit menular secara mencolok yaitu penyakit difteri, tetanus, pertusis, campak dan polio.
            Saat ini di Indonesia sudah tersedia banyak vaksin untuk mencegah berbagai penyakit menular. Vaksin ini diberikan gratis dan bisa didapatkan di Posyandu juga Puskesmas setempat. Vaksin yang saat ini tersedia dan merupakan program Kemenkes yaitu 1). Hepatitis B untuk mencegah penyakit Hepatitis B, diberikan saat bayi lahir, 2). BCG untuk mencegah penyakit tuberkulosis, diberikan saat usia 1 bulan cukup 1x seumur hidup. 3). Polio untuk mencegah penyakit Poliomielitis diberikan saat usia 1, 2, 3, 4 dan 18 bulan, 4). DPT-HiB-Hepatitis B untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Meningitis, Hepatitis B diberikan saat usia 2, 3, 4, 18 bulan kemudian saat kelas 1 SD (Vaksin DT), dan kelas 2 serta kelas 5 SD (Vaksin Td). 5). MR untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Vaksin MR ini baru dipakai di Indonesia yaitu sejak tahun 2017 untuk Pulau Jawa dan tahun 2018 ini untuk di luar Pulau Jawa. Vaksin ini menggantikan vaksin Campak yang sudah lama digunakan sebelumnya. Berguna untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella serta mencegah penularan ke ibu hamil untuk mencegah lahirnya bayi dengan kecacatan (Sindrom Rubella Kongenital).
            Manfaat imunisasi ini akan bisa dirasakan apabila cakupannya tinggi.  Terdapat istilah Herd Immunity (kekebalan komunitas/Kelompok). Apabila cakupan imunisasi >80% maka manfaat perlindungan dari imunisasi akan didapatkan. Bila dalam suatu kelompok, sebagian besar anak mendapat imunisasi maka akan dapat memberi perlindungan kepada anak anak lain yang tidak diimunisasi. Herd immunity ini sangat berguna melindungi anak anak yang memang tidak boleh mendapatkan vaksin yaitu anak dengan kondisi sakit berat, anak dengan penyakit defisiensi imun, penderita AIDS, kanker, juga yang sedang mendapatkan kemoterapi atau pengobatan steroid jangka panjang. Akan tetapi bila cakupan imunisasi dalam suatu kelompok kurang dari 60%, maka dikhawatirkan bisa berisiko timbulnya wabah. Hal tersebut yang sangat kita khawatirkan terjadi. Jadi Ayah/Bunda mari membawa anak anak kita untuk mendapatkan semua jenis vaksin yang sudah disediakan untuk memberikan kekebalan terhadap berbagai penyakit infeksi dan guna menciptakan herd immunity. Mendapatkan imunisasi adalah hak anak anak kita dan merupakan bagian dari ikhtiar kita para orang tua..

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tertarik dengan kegiatan dan layanan informasi yang kami berikan?
Anda dapat memperoleh informasi terbaru melalui email.